Sabtu, 04 Februari 2012

DPR RI Desak Pemerintah Perhatikan Warga Eks Timtim

JAKARTA, Timex--Ketua DPR RI, Marzuki Alie meminta pemerintah untuk memperhatikan ribuan warga eks pengungsi Timor Timur yang hingga kini masih hidup terlunta-lunta di barak-barak pengungsi di wilayah NTT.
“Kita perlu memberi perhatian khusus pada penanganan eks pengungsi Timtim. Pemerintah jangan menganggap ini masalah sepele,” tandas Marzuki Alie saat membuka masa persidangan IV tahun 2010 di Gedung Nusantara, DPR RI, Senin (12/7) kemarin. Menurut Marzuki, ribuan warga eks pengungsi Timtim yang kini berada di NTT hingga kini masih mengalami penderitaan dan belum mendapatkan bantuan sosial yang memadai.
Dikatakan, masalah Timtim bukan saja mencakup masalah politik, namun juga masalah sosial dan kemanusiaan, di antaranya menyangkut kebutuhan dasar warga yang selama ini belum terpenuhi dengan baik.
Hingga sekarang, katanya, banyak warga eks pengungsi Timtim yang kehidupannya sangat memprihatinkan, padahal mereka adalah korban konflik politik negara. Dan yang lebih memprihatinkan lagi, banyak di antara mereka yang dulunya adalah orang-orang yang pro-integrasi atau pro kepada Indonesia.
Dengan kondisi yang ada sekarang, banyak eks pengungsi Timtim yang merasa tersingkir di negerinya sendiri. Mereka hidup dalam penampungan yang tidak layak, serta sulit mendapatkan pekerjaan. Bahkan sebagian dari mereka mendapatkan marginalisasi dan terancam terusir dari tempat tinggalnya, karena pemilik tanah tak mengizinkan lagi mereka di sana.
“Sehubungan dengan ini, dewan berpendapat, pemerintah perlu membuat kebijakan dan program-program yang memadai untuk membantu dan memberdayakan warga eks pengungsi Timtim terutama bagi mereka yang mengaku bertanah air Indonesia. Mereka perlu dilindungi dan dibantu kualitas hidupnya,” pungkas Marzuki. (aln/fmc)

Sumber: Harian TIMOR EXPRES Kupang, Selasa 13 Juli 2010

0 komentar:

Posting Komentar

 
Gudangrusak.com © 2010