Senin, 27 Februari 2012

Pemprop NTT Perlu Jelaskan Penggunaan Dana Bantuan Jepang

Kupang -RoL--Warga eks Timor Timur (Timtim) mendesak Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk menjelaskan secara jujur dan terbuka tentang realisasi penggunaan dana kemanusiaan dari Pemerintah Jepang senilai Rp53 miliar.

Apabila tidak ada penjelasan, maka warga eks Timtim akan mengambil tindakan sepihak untuk mendapatkan rekening koran dari bank yang menyimpan dana tersebut, kata Hukman Reni dari Presidium Pengungsi Timtim, di Kupang, Rabu.

Dia mengemukakan, surat permintaan dari warga eks Timtim untuk mendapatkan penjelasan dari pemerintah telah disampaikan secara tertulis kepada Pemerintah NTT melalui Biro Bina Bantuan Sosial Setda NTT, awal pekan lalu.

Warga eks Timtim juga akan tetap menuntut Pemerintah NTT untuk mengadakan lokakarya dan melaksanakan sosialisasi langsung kepada warga eks Timtim di kamp-kamp pengungsian tentang alokasi pemanfaatan bantuan Jepang tersebut.

Lokakarya dan sosialisasi ini sudah disepakati bersama Menko Kesra, Yusuf Kalla, ketika berkunjung ke Kupang beberapa waktu lalu, kata Hukman Reni.

Karena itu, katanya, jika tidak ada pelaksanaan sosialisasi maka warga eks Timtim menganggap bahwa program-program yang diajukan pemerintah NTT dalam penggunaan dana bantuan Jepang tersebut sebagai keinginan sepihak pemerintah NTT.

"Artinya, hanya keinginan sepihak yang sama sekali bukan kebutuhan warga eks Timtim sehingga dapat dianggap sebagai tindakan memproyekkan kesengsaraan warga eks Timor Timur dengan berkedok kemanusiaan," katanya.

Hukman yang didampingi lima koordinator kamp pengungsian itu menegaskan, semua warga eks Timor Timur yang memilih menetap di Indonesia, telah bertekad untuk tidak akan meninggalkan wilayah Timor bagian barat NTT dengan resiko apapun.

Karena itu, katanya, pemerintah harus segera menyediakan tempat pemukiman permanen kepada warga eks Timtim di daratan Timor bagian barat, NTT, disertai fasilitas sosial lainnya, termasuk dana pemberdayaan ekonomi, katanya. (ant/rambe)
Berita ini bersumber dari Republika Online http://www.republika.co.id


0 komentar:

Posting Komentar

 
Gudangrusak.com © 2010